Pantangan Makanan untuk Penderita Jantung Berdebar dan Solusinya

Makanan yang Pantang dimakan untuk penyakit Jantung

Dalam proses penyembuhan penyakit jantung seperti halnya penyakit jantung berdebar ini selain dengan melakukan tindakan pengobatan ada pula proses  yang harus yang harus dipenuhi oleh orang yang memang benar benar sudah memiliki riwayat penyakit jantung ,yaitu dengan cara melakukan pola hidup sehat dalam mengkonsumsi makanan. Bagi orang yang mengidap penyakit jantung seperti jantung berdebar, jantung koroner, jantung bengkak, dan jantung rematik lainnya ada beberapa jenis makanan yang harus di hindari.

Berikut ini adalah 3 Jenis Makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita Penyakit Jantung:
1. Makanan yang mendangung gula alkoholik. Minuman alkohol, tape dan durian.
2. Makanan yang mengandung kolesterol. Seperti udang, Cumi, otak sapi, kepiting, daging berlemak, organ dalam hewan, daging kambing, kuning telur , bebek, belut, kulit ayam dan makanan kemasan olahan daging ayam. Kolesterol adalah musuh utama bagi penderita jantung. Jika kolesterol menyumbat pada pembuluh darah jantung dan kepala akan mengakibatkan stroke.
3. Makanan mengandung trigleserin. Trigleserida merupakan lemak jahat dari tumbuhan. Misalnya,  santan, kelapa, margarin dan minyak goreng.


Penderita Jantung bisa mengkonsumsi 6 jenis makanan sehat di bawah ini:
1. Kedelai
Kedelai mengandung serat dan protein yang baik bagi tubuh karena kandungannya yang bisa menurunkan kadar kolesterol, darah tinggi, trigliserida dan sangat baik untuk melawan penyakit jantung bengkak.

2. Buah Zaitun
Buah zaitun ataupun minyak zaitun hydroxytyrosol merupakan makanan paling sehat dan sangat dianjurkan untuk membantu mengatasi segala jenis penyakit jantung.

3. Blueberry
Blueberry dan jenis berry lainnya umumnya mengandung senyawa antosianin yang baik untuk memperbaiki kesehatan jantung.

4. Buah-buahan dan Sayur Mayur
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa buah dan sayur merupakan makanan yang baik bagi kesehatan tak terkecuali bagi para penderita penyakit jantung karena mengandung nutrisi vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

5. Biji-bijian
Biji-bijian sangat bermanfaat untuk tubuh karena tidak hanya mampu menambah energi tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Biji-bijian tersebut meliputi buncis, kacang-kacangan, gandum,  yang mana semua kandungan biji-bijian itu kaya akan serat dan vitamin, meliputi vitamin E, magnesium, antioksidan dan zat besi. Konsumsi biji-bijian dalam kadar yang cukup bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6. Makanan yang mengandung omega 3
Makanan lainnya yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk penderita penyakit jantung bawaan adalah makanan yang mengandung omega 3. Makanan yang mengandung omega 3 banyak terbukti dapat memelihara kesehatan jantung dengan sangat baik. Omegar 3 berfungsi menurunkan kadar kolesterol di dalam darah,  menstabilkan kadar gula dalam darah dan sekaligus dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Beberapa makanan yang mengandung Omega-3, yaitu Ikan Sarden, Salmon, Tuna,Kembung, Ikan Kod dan Kacang Kenari.


Contoh Menu Makanan
Berikut ini adalah ide dan saran untuk sarapan yang baik untuk penderita penyakit jantung:

1. Menu sarapan sereal yang terbuat dari susu sapi rendah lemak, 10 mililiter minyak ikan kod dan gandum utuh.
Sereal yang terbuat dari gandum utuh dapat membantu membuat gula darah lebih stabil dan  menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung.

2. Menu makan siang: kentang rebus, sayur bayam dan 1 ekor ikan salmon ditambah snack kacang almond.

3. Menu makan malam bagi penderita penyakit jantung seperti: Ayam yang digoreng dengan sedikit minyak sayur atau ayam panggang dengan sayur brokoli dan minuman buah-buahan segar.  

0 komentar:

Posting Komentar