5 Cara Membuat Latte Art

Latte art adalah seni dalam menyajikan minuman kopi/latte. Seorang barista saat ini berusaha menyajikan minuman kopi dengan cara yang tidak biasa (unik) sebagai daya tarik untuk mendatangkan banyak pelanggan di warung kopi nya. Minuman kopi latte art rasanya tidak menarik apabila tanpa ada sentuhan seni di dalamnya. Maka dari itu, para barista masa kini menghiasi kopi yang dipesan oleh pelangganya dengan sentuhan lukisan indah yang mampu menambah kenikmatan mata dan seduhan dimulut khususnya. Membuat latte art memang tidaklah mudah, butuh ketekunan, kesabaran untuk melakukan hal tersebut, meskipun begitu Anda tak perlu khawatir Anda bisa mencobanya melalui cara-cara dibawah ini.

Latte Art
1. Perhatikan Suhu dan Tekstur Susu
Susu yang cocok untuk digunakan untuk menghiasi minuman kopi adalah susu fresh milk. Sebab, susu ini memiliki tekstur yang sangat bagus dan mudah dibentuk. Saat akan dipakai, hangatkan susu fresh milk terlebih dahulu lebih baik lagi alat pemanasnya memakai uap steamer wand agar hasil susu tersebut mengental, halus dan mengkilat.

2. Pahami Teknik Frothing Susu
Anda perlu memperhatikan posisi celup steam wand dan derajat kemiringannya. Bagian ujung steam wand dibiarkan tetap tenggelam di dalam susu agar tidak menimbulkan banyak busa. Sehingga microfoam yang dihasilkan betul-betul silk dan shiny. Sedangkan, posisi milk jug saat melakukan frothing seharusnya tegak lurus dengan steam wand. Hal ini akan membuat proses pemanasan susu menjadi lebih efektif sehingga hasilnya lebih merata.

3. Pegang Milk Jug dengan Benar  
Pegang milk jug pada posisi yang nyaman dan stabil saat dipegang. Pada saat memegang milk jug Anda bisa menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mencengkeram hingga ke bagian atas milk jug.

4. Cara Menuangkan Microfoam
Pada saat akan menuangkan microfoam Anda perlu mengatur bagian ujung milk jug membentuk sudut siku-siku dengan bibir gelas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menggambar latte art yang simetris/sesuai. Mulailah tuang microfoam dari tengah yang dilanjutkan dengan gerakan menuang secara berputar.

5. Melukis Latte Art
Pada saat melukis latte art pada kopi, jagalah konsentrasi Anda, atur kecepatan aliran susu sembari terus menuang dan melukis. Menuangnya pelan-pelan dan hati-hati agar tidak luber dan gagal.



Selamat Mencoba J


Sumber:
http://kopinian.blogspot.co.id/2017/07/5-tips-membuat-latte-art-buat-pemula.html

0 komentar:

Posting Komentar